Jumat, 05 Juni 2009

ANTARA GRAMMAR DAN COVERSATION, ANTARA NILAI SEKOLAH DAN SKILL

Anda sedang mempelajari bahasa inggris dan anda ragu apa yang akan anda pelajari terlebih dahulu sekarang? Kalau saya bicara tanpa menggunakan grammar apa jadinya? Kalau saya belajar grammar lebih dulu, saya mesti mulai dari mana? Saya takut bicara karena grammar saya tidak bagus, saya takut berkorespondensi dengan perusahaan asing karena grammar saya buruk, saya takut....akhirnya ketakutan itu menghambat semuanya...mempelajari percakapan susah, belajar grammar lebih susah.


Kejadian ini sangat sering terjadi dan menjadi faktor penghambat utama para peserta pelatihan bahasa inggris baik pelajar, mahasiswa maupun karyawan.
Faktor penghambat lainnya adalah penyakit ”takut salah” yang menghinggapi para peserta kursus. Takut salah sekaligus juga takut mencoba, takut dikoreksi, takut ditertawakan. Come on..what’s wrong? Seorang mentor mengatakan dengan nada penuh canda ”You are not going to jail just because you wrong in prononcing a word in english”
Ya, be calm! Kita tidak akan dituntut secara hokum, tidak juga dihitung sebagai dosa, jika kita salah mengucapkan sebuah kata dalam bahasa inggris ketika belajar…

Grammar: pilar utama?
Sekarang mari bicara, apa tujuan anda menjadi peserta pelatihan bahasa inggris? Menjadi akademisi? Mendukung karier PR anda? Memperlancar bisnis anda? Jika anda ingin menjadi seorang akademisi, anda harus lulus berbagai test, ujian formal dan ketika misalnya menjadi seorang penterjemah, anda juga akan disumpah. Anda akan ditest sejauh mana kemampuan anda memahami tata letak sebuah bahasa yang berarti mempelajari grammar. Untuk hal ini, grammar sangat penting.

Tapi apa umumnya maksud para peserta kursus? Biasanya adalah pertanyaan ke 2 dan 3. Menunjang karier, dan dan memperlancar bisnis. Dunia yang serba terbuka ini, sangat memungkinkan kita terus membuka akses demi akses untuk memperluas ekspansi bisnis kita. Language is a matter how to use, to communicate. Mungkin anda akan sering melakukan korespondensi melalui email atau surat lainnya yang mengharuskan kita menggunakan tata bahasa yang baik. Tapi jika ingin lebih cepat, communicating adalah pilihan yang bagus. Anda juga akan diakui jika mampu melakukan sebuah deal bisnis dengan good – communicating.

Esensi pengajaran: Apa yang selama ini diajarkan?
Pernahkah anda mengikuti kursus bahasa inggris sejenis? Atau ketika masih menjadi pelajar atau mahasiswa dulu, materi apa yang pernah anda dapatkan dalam bahasa inggris?
Untuk sebagian lembaga kursus, saya bersepakat mereka membuka kelas – kelas percakapan, dan ESP. Dan mungkin dari sekian banyak kelas yang dibuka, anda tidak mendapati satupun kelas ”grammar”. Mengapa? Karena masalah bahasa adalah masalah bagaimana kita mampu menggunakannya...berkomunikasi dengan baik. Setinggi apapun status seseorang, jika buruk dalam skill komunikasinya, akan berkurang nilainya dihadapan rekanannya.


Tapi untuk sekolah, saya ingin mengatakan bahwa lembaga formal hanya mengajarkan, menyediakan kegiatan monoton dalam kerangka kurikulum yang tidak aplikatif. Kita akan mendapati bahwa nilai bahasa inggris seorang pelajar sangat bergantung kepada pengetahuan yang bersangkutan akan grammar. Padahal, ketika sang pelajar atau mahasiswa lulus dan masuk dunia kerja, pertanyaan yang akan ditanyakan ketika interview adalah: Do you speak english? Dan bukan: Do you know what is ”simple present’?


Akibat dari terlalu banyaknya materi grammar yang diajarkan di sekolah adalah kemampuan siswa berubah dari yang seharusnya menghasilkan skill, menjadi siswa yang hanya menguasai product knowledge. Ya, siswa biasanya menghafal apa itu tenses, auxilliary dan lainnya, lengkap beserta rumus - rumusnya. Tetapi ketika diminta untuk presentasi didepan calon client ketika sudah bekerja, dan menerangkan keseharian aktifitas perusahaan, ia bahkan tidak bisa menggunakan simple present yang rumusnya telah dihafalnya.

Do that: Start speaking now!!!
Sekarang sudah kita lihat, berapa persen hasil pengajaran bahasa inggris di sekolah kita dulu mampu kita gunakan, berguna menunjang pekerjaan kita?
Rubah sekarang, yang diperlukan dari sebuah bahasa adalah bagaimana bahasa itu efektif digunakan untuk berkomunikasi dalam pekerjaan kita?
Mulailah kenali apa yang dibutuhkan ketika meenjadi peserta pelatihan bahasa inggris. Kita dituntut untuk mampu menggunakan bahasa inggris setidaknya untuk komunikasi. Dan pada akhirnya, skill kita lah yang menentukan, sejauh mana kita bisa?

Diambil dari : teachingaids.multiply.com

Tidak ada komentar: